Cursor of The Blog

Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com

Rabu, 04 Juli 2012

Top 15:15 Unsur Berpredikat

Unsur-unsur yang ini nih .... yang paling .... diantara semuanya . Di antaranya,yang paling keras , yang paling berat,dan lainnya .


1) Unsur paling ringan - Hidrogen (H) -g-
Hidrogen adalah unsur paling ringan dengan ρ = 0,0009 kg/L.Betul-betul ringan , namun gas ini tidak dipakai untuk mengisi balon,karena mudah terbakar . Hidrogen akan berpendar ungu atau pink dalam gelap .

2) Unsur Paling Berat - Osmium (Os) -s-
Osmium adalah unsur paling berat , karena massa jenisnya saja 22,57 kg/L. Namun,kita sangat jarang mendengar nama Osmium . Eh...mungkin karena perkembangan zaman , yaa ?

3) Unsur paling keras - Intan (C) -s-
Intan adalah unsur paling keras dengan nilai kekerasan 10 .Hanya satu senyawa yang dapat mengalahkannya .


4) Unsur paling lunak - Emas (Au) -s-
Emas sebenarnya unsur yang sangat , sangat , sangat , sangat , sang......LUNAK SEKALI ! lihat saja , kita bisa membengkokkan emas dengan mudah , kan ?

5) Unsur paling banyak di jagat raya - Hidrogen (H) -g-
Hidrogen memperoleh predikat lagi , yaitu unsur yang paling melimpah di jagat raya . Hidrogen menguasai luar angkasa sebanyak 75% massa jagat raya . Ini bisa dilihat dari banyaknya air di bumi kita


6) Unsur paling banyak di bumi - Besi (Fe) -s-
Tidak menyangka ? Besi  adalah unsur paling banyak di bumi,mengisi kira-kira 35% massa bumi . Besi sering digunakan sebagai perkakas ataupun alat-alat rumah tangga , atau sebagai unsur dalam pembuatan alat-alat gerak dan berat .


7) Paling banyak di kulit bumi - Oksigen (O) -g-
Oksigen , sebagai udara yang kita hirup,menguasai 45% massa kulit bumi , tentunya itu adalah perbandingan yang seimbang dengan gas lainnya . Jika oksigen tidak sebanyak itu , maka kita mati.



8) Paling mudah bereaksi - Fluor (F) -s-
Buktinya , unsur ini sering ditemukan dalam bentuk senyawa . Sangat jarang sekali ditemukan dalam bentuk batu seperti ini . Biasanya fluor asli kebanyakan dipisah dari zat lain ( pemisahan ) .


9) Unsur paling berharga - Emas (Au) -s-
Emas , dalam artian umum , merupakan barang tambang paling berharga yang biasanya dimiliki setiap individu . Harga emas biasanya terus naik , kalaupun turun sangat kecil sekali persentasenya . Emas berwarna kuning dan jika tercampur dengan benda lain , emas bisa dipisahkan dengan menggunakan raksa .


10) Unsur yang paling sukar bereaksi - Helium (He) -g-
Helium sukar bereaksi karena ia adalah salah satu dari kelompok gas mulia . Gas mulia , maksudnya adalah gas yang biasanya hampir tidak ditemukan berbentuk senyawa ( sangat sukar bereaksi ) , dan helium adalah yang paaaalllliiiiiing sukar untuk bereaksi . Helium digunakan sebagai pengisi balon maupun balon udara . Dalam kegelapan  ,helium berpendar ungu atau kemerah-merahan.


11) Unsur dengan titik leleh paling tinggi -  Wolfram (W) -s-
Wolfram ( bukan Wolfram von Bielefeld ) adalah zat yang mempunyai titik leleh sampai 3422 derajat Celcius ! Biasanya,wolfram ( atau tungsten ) digunakan sebagai  filamen lampu.


12) Unsur buatan pertama - Teknesium (Tc) -s-
Teknesium adalah unsur buatan pertama yang ditemukan oleh Perrier dan Segre pada 1937 . Teknesium dibuat dengan menembakkan Molybdenum dengan deutron dalam siklon Berkeley .Tapi pada tahun 1962 , Teknesium - 99 diisolasi dan diidentifikasi dari bijih kaya uranium di Afrika sebagai reaksi fisi spontan dari Uranium - 238 . Kalaupun ada,persentasenya sangat kecil .


13) Unsur logam cair pertama - Galium (Ga) -l-
Galium ditemukan pada tahun 1875 . Disebut sebagai eka-aluminium oleh Mendeleev . Galium akan mencair jika tersentuh tangan .


14) Unsur dengan daya hantar paling bagus - Perak (Ag) -s-
Perak adalah unsur dengan daya hantar terbaik . Berarti , lebih baik dari tembaga . Namun , dengan digunakannya perak sebagai perhiasan , maka tembagalah yang digunakan sebagai pengisi kabel .


15) Unsur metaloid semikonduktor - Silikon (Si) -s- ; Germanium (Ge) -s-
Silikon adalah metaloid semikonduktor yang biasanya dipakai untuk pembuatan chip komputer .
Germanium adalah metaloid semikonduktor lainnya , namun sangat jarang digunakan .

Nah , gimana ? Tolong kasih tanda di bawah , apakah suka atau tidakkah anda akan artikel ini .

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More