Cursor of The Blog

Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com

Selasa, 12 Maret 2013

15 Caesalpinioideae paling cantik

Apa tu Caesalpinioideae? Sebenarnya, itu adalah salah satu subfamili kacang-kacangan (Fabaceae) . Sebenarnya saya ingin mengupload Compositae (Aster-asteran) lebih dulu, tapi famili ini CANTIK LUAR BIASA. Bunganya cantik-cantik walau ukurannya berbeda-beda, dan warnanya mencolok serta punya ciri khas tersendiri. Lihat saja jika ingin lebih jelas.


1) Bunga Flamboyan ( Delonix regia)

Tanaman yang berbunga merah menyala ini adalah salah satu bunga yang paling dikenal di Indonesia dan yang paling banyak dijumpai di Indonesia. Tanaman yang masuk dalam suku Caesalpiniae ini mempunyai sosok tinggi, kira-kira bisa sampai 15 m dan berdaun mirip petai. Pohonnya bertajuk lebar ( max. 32 m ! ), dan mempunyai cabang tua yang menggantung sampai ke tanah.

Bunganya tumbuh berkelompok secara massal per ruas batang dan berbentuk tandan pendek atau bongkol. Ukurannya pun tidak kecil, sekitar 5-6 cm. Berbentuk mirip merak atau kupu-kupu, dan selain 4 mahkota yang merah, ada 1 buah mahkota yang warnanya putih bebercak. Inilah yang menjadikan bunga flamboyan sangat unik.

Buah dari pohon ini mirip mirip sekali dengan petai, hanya saja bijinya kecil dan tumbuhnya sering satu-satu di tiap batangnya. Yabng bisa diambil adalah buah yang sudah mencoklat.

Flamboyan akan semakin menarik jika dalam satu pohon bergerombol banyak sekali bunga , sehingga kesannya mirip sakura. Ragu? Jika ingin melihat satu pohon yang modelnya begituan silahkan lihat yang ada di dekat Lapangan Baseball Chevron Duri.

2) Pancuran Emas ( Cassia fistula )

Bunga nasional Thailand yang warnanya kuning ini tanpa kita sadari juga tumbuh di Indonesia, dengan pohon terdekat kira-kira di dekat Wisma Bekasap Duri. Begitu semaraknya berbunga, sampai saya terus kagum mengingatnya.

Secara normal, pohon ini tumbuh hanya sampai 10 m, bertajuk lebat dan berdaun majemuk setingkap , lain daripada keluarga Fabaceae lainnya, serta mudah gugur. Bunganya tersusun atas tandan yang menggantung, maksimal 40 cm, dengan bunga yang berukuran 4-7 cm. dan berwarna kuning terang. Benang sari yang aktif biasanya hanya berjumlah 2-5 buah saja. Buahnya sendiri berukuran sepanjang petai, kira-kira 30 cm dan beracun.
3) Beblakan ( Bauhinia blakeana )
Bunga pink yang termasuk suku Cercidae ini sangat showy dan unik. Dengan tinggi pohon yang hanya sampai 8,5 meter dan bertajuk cukup sempit, tanaman ini tidak terlalu memakan banyak tempat. Selain itu, bentuk daunnya seperti kupu-kupu, dan susunannya satu-satu dan berjejer.

Bunga yang menjadi simbol nasional Hong Kong ini berukuran cukup besar, dengan diameter 7-10 cm dan tersusun berkelompok. Lain dari genus Bauhinia yang umum, tanaman ini steril ( tidak bisa menghasilkan buah ). Di Duri , pohon unik ini tumbuh di dalam Lapang Golf serta Gate 3 Duri. Bingung saja apa bisa diorder dari nurserinya Chevron.

4) Bunga merak kecil ( Caesalpinia pulcherrima )
Semak dengan nama lain Kembang Barbados ini minimal tumbuh sampai 1,5 m. Daunnya mirip sekali dengan flamboyan , hanya saja berdaun setingkap. Bunganya berwarna merah-kuning dengan benang sari yang super panjang dan mempunyai empat mahkota besar ( "ekor" ) dan 1 mahkota kecil ( "kepala" ) , sehingga menyerupai merak, dan buahnya kecil mirip petai, dengan panjang 5-6 cm. sesuai nama lainnya itu , bunga ini merupakan lambang nasional dari Kepulauan Barbados.

5) Pohon kembang apel ( Cassia javanica )
Pohon ini dapat tumbuh sampai dengan 12 m dan mempunyai daun yang sangat lain dibandingkan Pancuran Emas, yaitu setingkap dan bulat. Batangnya pun berwarna lebih gelap.

Bunganya tersusun dalam tandan superpendek dengan tankai bunga superpanjang, dan ukuran bunga yang berwarna pink cerah ini adalah 7-8 cm. Bunga yang berkembang dari April sampai September ini merupakan bunga provinsi Chainat di Thailand.

6) Kasia Emas ( Senna surratensis )
Tanaman yang dulunya bernama Cassia surratensis ini tidak tinggi, hanya berupa semak-semak 1-3 m. Daunnya memang mirip Cassia. Hanya, bunganya tidak tumbuh besar-besar. Hanya 3-5 cm dan warnanya kuning cerah.

7) Asam Jawa (Tamarindus indica)
Makanan yang sudah sering dijadikan bumbu ini tumbuh sampai 12-18 m. Daunnya kecil-kecil, dan membentuk dedaunan setingkap dengan panjang 5-6 cm. Daun akan menutup pada malam hari

Bunganya tidak showy, berwarna bak batik, dan berukuran 2,5 cm, tetapi tetap saja cantik. Buahnya, seperti yang diketahui, berupa legum sepanjang 12-15 cm, mengandung 1-12 biji. Di Indonesia, pohon ini sudah banyak ditanam sebagai bahan masakan. Walaupun tanaman ini asli dari Afrika (Sudan), namun tanaman ini lebih populatif di Asia.Yang saya sering lihat adalah yang ada di Dempo 72.
8) Kembang Myanmar ( Amherstia nobilis )
Merupakan bunga nasional dari Myanmar dan salah satu tanaman tercantik di dunia yang mempunyai "tepal" . Pohon dari tanaman ini tak terlalu tinggi, dan daunnya yang setingkap terdiri dari 6-7 anak daun yang polos.

Bunganya terdiri dari tandan yang panjang dan menggantung, dan kelihatan cukup mewah. terdiri atas 5 mahkota yang berwarna merah tua semua, dengan ukuran yang bervariasi. 2 mahkota kecil, 2 yang sedang dengan ujung kuning, dan satu yang besar dengan ujung kuning. Buahnya berbentuk seperti asam jawa, dengan warna pink dan akan membuka untuk menyebarkan bijinya.

9) Pohon Yudas Iskariot ( Cercis siliquastrum )
Sesuai namanya, pohon ini adalah tempat dimana Yudas Iskariot, yang mengkhianati Yesus, menggantung diri saat penyaliban Yesus. Pohonnya sendiri mempunyai tinggi 12 meter dan tajuk 10 meter. Biasanya akan berbunga setelah 1 tahun atau lebih, kadang-kadang juga berbunga di bagian batang pokoknya (kauliflora) . bunganya berwarna pink keunguan dan ukurannya kecil-kecil, serta diserbuki oleh lebah. Saat akan berbunga, daun biasanya gugur , namun akan muncul secepatnya setelah bunga pertama berkembang.
10) Beblakan waru (Bauhinia tomentosa)
Tumbuh dengan perawakan yang kecil, maksimal 4 meter. Mempunyai daun yang sama dengan beblakan biasa, hanya saja lebih besar dan dahannya sering menggantung. Bunganya cukup besar, dengan warna kuning dengan warna merah tua di tengahnya, dan tampil sangat mencolok. Buahnya kecil, pipih dan berwarna hijau sampai coklat tua. Tanaman ini juga tempat tinggalnya berbagai macam serangga.

11) Kayu Brazil ( Caesalpinia echinata)
Tumbuh dengan tinggi 15 m , pohon ini adalah salah satu penghasil kayu terpenting di Brazil. Mempunyai daun yang terdiri dari 9-19 anak daun yang kecil-kecil dan polos. Bunganya tersusun atas rangkaian bunga kuning yang sangat harum, serta diserbuki oleh lebah. Polongnya berkayu dan panjangnya 7.6 cm serta lebarnya 2.6 cm. Sayangnya, anda akan kesusahan mengambil bunga yang satu ini sebab baik batangnya, daunnya ataupun BUAHNYA , semuanya punya duri.
12) Beblakan benang merah ( Lysiphyllum hookeri )
Nama lain dari spesies ini adalah Alibangbang. tumubh sebagai sebuah pohon kecil, mempunyai daun yang serupa dengan kebanyakan suku Cercidae, yaitu berbentuk dua buah anak daun identik yang menyatu di tengahnya. Bunganya tumbuh saat musim hijan, dan warrnanya putih dengan benang sari merah. Sedangkan polongnya sama seperti Bauhinia (berbentuk celurit)

13) Palau hijau (Parkinsonia aculeata)
Berupa semak berduri ataupun pohon kecil, tanaman ini tumbuh dari 2 meter sampai 10 meter. Daunnya menggantung, terdiri dari 25-30 anak daun yang sangat kecil. Biasanya daun akan gugur saat musim kemarau atau dingin, meninggalkan tangkai daun dan batangnya untuk berfotosintesis.

Tanaman yang tergolong invasif ini mempunyai duri di sekitar ruas batangnya. Bunganya terdiri atas tandan, warnanya kuning oranye dan harum. Tanaman ini berbunga pada bulan Maret-April atau September-Oktober , diserbuki lebah, dan mempunyai buah berbentuk polong.
14) Saputangan Sutera ( Maniltoa sp. ) 
Dapat tumbuh hingga 22 m, daun muda tanaman ini tumbuh menggerombol serta menjuntai dengan warna merah dan kecil, kemudian berubah menjadi pemandangan spektakuler dengan warna hijau pucat, mendekati putih, dan berubah menjadi hijau. Bunganya kurang menarik, dan berwarna putih. Polong tanaman ini biasanya hanya terdiri dari 1 biji.

15) Saputangan Merah ( Cynometra sp.)
Tanaman ini tumbuh sebagai semak kecil dengan daun cantik yang terdiri dari 2 anak daun. Biasanya, daun muda akan berwarna merah jambu dan menggantung. Bunganya sanga menarik bila banyak, dan terdiri dari warna putih. Buahnya berbentuk seperti setengah lingkaran, dan merupakan salah satu polong yang mempunyai daging.


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More