Cursor of The Blog

Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com

Senin, 10 Desember 2012

15 Rempah / Bumbu paling Populer

Bumbu-bumbu yang terkenal kira-kira apa ya?

-My subconscious-



Bumbu yang sering kita kenal berasal dari tanaman-tanaman yang kebanyakan berada di daerah tropis. Beberapa di antaranya sangat spesial, dan ada yang sangat sering digunakan untuk masakan internasional sekalipun. Berikut ini sejumlah tanaman yang populer sebagai rempah-rempah atau bumbu .....

*This post is tagged Indonesian Special (rempah rempah banyak di indonesia kan?)

1) Jahe (Zingiber officinalis)
Jahe dikenal di seluruh dunia dengan nama internasional ginger.Tanaman ini masih satu keluarga dengan kunyit, lengkuas, kincung, kencur, bahkan pisang! Yang digunakan dari jahe adalah rimpangnya ("umbi") . Jika "umbi" dibelah, maka akan tercium bau halus yang terasa pedas, sangar dan lembut.

2) Kunyit (Curcuma Longa)
Tanaman dengan nama dagang dunia Turmeric ini sering digunakan untuk menambahkan warna kuning keemasan ke dalam masakan.Digunakan sebagai pewarna kain serta mewarnai gulai (semacam kari dari Sumatera Barat )

3) Bawang - bawangan (Allium)
(Garlic)
Bawang Putih (Allium Sativum)
Disebut juga Garlic, digunakan sebagai salah satu komponen penting dalam dunia kuliner untuk membuat saus, sup, bumbu untuk memasak ikan, ayam dan sapi, dan masih banyak lagi.
Bawang Bombai (Allium cepa)
"Onion" digunakan dengan yang paling sering, sebagai hiasan pada pizza, lalu untuk sup dan masakan daerah.
Bawang Merah (Shallot)
Digunakan sebagai bawang goreng juga untuk menambah aroma masakan dan sambal.
Semua bawang termasuk dalam kelompok bunga lili-asparagus(Asparagales)
4) Cengkeh (Syzigium aromaticum)
Bunga tanaman "clove" ini yang sering digunakan untuk mengharumkan masakan setelah bunganya dikeringkan. Cengkeh masih satu genus dengan jambu air dan jambu bol.

5) Pala (Myristica fragrans)

Dalam penggunaan umum, ada 2 jenis bumbu yang akan kita temukan pada sebuah pala:

1. Nutmeg (Buah Pala) adalah biji dari pala yang dikeringkan. Biasanya dihancurkan menjadi bubuk sebagai pengharum masakan terutama kue.
2. Mace (Bunga Pala), merupakan bagian merah dalam buah pala, digunakan sebagai bumbu atau bahan kosmetik.

6) Cabai (Capsicum)
Ini, nih, biang kerok bumbu masakan! Chili ini terkenal di seluruh pelosok dunia setelah merica. Mempunyai rasa pedas yang khas, sering ditumbuk atau dikeringkan sebagai bumbu dapur ataupun sambal.

7) Adas (Foeniculum vulgare)
Fennel, yang masih termasuk keluarga wortel ini lebih sering digunakan bijinya sebagai bumbu.Harumnya sangat khas.

8) Kuma-kuma (Crocus sativus)
Kuma-kuma adlaah salah satu rempah termahal di dunia ( $11.000 atau kira-kira Rp110 juta ! ) Nama dagang dari tanaman ini yaitu Saffron

9) Kayu Manis (Cinnamommum verum / Cinnamommum burmanii )
Kayu yang disebut Cinnamon ini digunakan sebagai bumbu penambah harum ataupun pewangi alami. Yang berkualitas bagus biasanya berwarna coklat muda 70% merata

10) Kincung (Etlingera elatior)
Bunga dengan nama lain bunga honje ini berdaun mirip lengkuas, hanya saja bunga yang dihasilkan mirip jahe. Dalam satu "bunga" ( ingat , kincung itu mirip jahe, bunganya banyak ( bongkol ) ) terdapat ratusan bunga asli yang harumnya khas sekali.Seringnya satu dompol bunga ( "bunga", bongkol ) itu diiris-iris mirip fillet lalu dimasukkan ke arsik atau diulek-ulek. Nama dagang internasional tanaman ini torch ginger ( = jahe obor )

11) Kemangi (Ocimum citriodorum)
Lemon basil , seperti namanya , mempunyai harum seperti lemon - sedikit bercampur mint - dan baunya sangat kuat. Sering langsung dijadikan lalapan. Kadang daunnya dirajang untuk mengharumkan masakan.

12) Merica atau Lada (Piper nigrum)
Baik black pepper maupun white pepper , semuanya terkenal di dunia. Kerabat sirih ini sudah terkenal di seluruh dunia dan menjadi penghasil rasa pedas disamping cabai. Lada putih, yang bentuknya bulat, adalah lada yang sudah masak, sedangkan lada hitam adalah lada yang hampir mendekati proses dewasa, namun langsung dipetik. Keduanya terasa pedas.

13) Rosemary (Rosmarinus officinalis)
Paling-paling bumbu yang satu ini hanya terkenal di luar Asia (kecuali Arab) , namun penggunaanya di Eropa telah menjadikannya sebagai salah satu bumbu populer. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat ataupun wewangian.

14) Jeruk Purut  (Citrus hystrix)
Sering digunakan di masakan Arab, Batak ataupun India untuk menambahkan rasa masam ke dalam masakan seperti kari dan arsik. Bentuk buahnya sangat unik, seperti jeruk yang kekurangan air. Lucunya , tanaman ini nama dagangnya kaffir lime ( = lemon orang kafir ).

15) Oregano (Origanum vulgare)
Merupakan kerabat dengan mint, tanaman ini sering dicincang kasar untuk membumbui spaghetti dan pizza. Merupakan kerabat dekat sekali dengan marjoram ( O. majorana )
Kira-kira ada yang ketinggalan?

LANGUAGE FLASHBACK:

Before : KUCING RIAU MAU MENCUCI BAJU
After   : KOETJING RIEAOE MAOE MENTJOETJIE BADJOE 

2 komentar:

Yang mau bibit tanaman2 tersebut bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com

Hi! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out and say I genuinely enjoy reading your blog posts. Can you recommend any other Fashion Write For Us blogs that go over the same topics? Thanks a ton! tymingg

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More