Cursor of The Blog

Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com

Kamis, 20 Desember 2012

15 Buah paling Populer di dunia

1) Mangga (Mangifera Indica)

Bahasa Inggris buah ini adalah mango. Merupakan buah asli India yang sangat kaya akan Vitamin C (43% dari total nutrisi buah) dan asam folat (11%) . Mangga termasuk dalam keluarga Anacardiaceae, atau keluarga jambu mente ( cashew ).

Mangga tumbuh menjadi pohon dengan tinggi kira-kira 35-40 m ( 115-130 ft. ) dan tajuk selebar 10 m. Daun yang masih muda berwarna pink-oranye muda, lalu berubah menjadi merah dan akhirnya hijau seiring daun membesar. Bunganya kecil-kecil, putih, 1-2 cm. setelah diserbuki, bunga akan menjadi buah selama kuarng lebih 3-6 bulan.

Buahnya berbentuk lonjong, kadang-kadang melengkung di bawah. Warnanya hijau, merah, oranye atau kuning tergantung kultivarnya. Paling tidak, buah mangga mempunyai panjang 15-20 cm setelah tua. Di dalam buah mangga terdapat 1 buah biji yang besar.

2) Pisang (Musa xparadisiaca / Musa xsapientum)
Pisang bisanya sudah kita kenal sejak kecil, entah dikasih mama pake bubur, atau langsung dimakan, buahnya sangat lembut, cocok untuk bayi.

Pohon banana adalah sebuah tanaman raksasasa, tumbuh setinggi 3-7 meter. Daunnya sangat mudah tercabik angin. Bunga pisang tersusun atas sebuah perbuangaan yang sering disebut jantung pisang. Bunga betina ( yang biasanya akan menjadi pisang ) akan merekah lebih dulu dibanding yang jantan.

Buah pisang tersusun seperti spiral, ini sering disebut "sisir" . buahnya berbentuk seperti jari, biasanya berwarna kuning atau hijau setelah masak . Rasanya manis dan berair.

Buah pisang yang sekarang kita kenal ini, adalah buas pisang partenokarpik atau sternospermokarpik , maksudnya pohon pisang tanpa biji diperoleh dengan perlakuan tertentu, misalnya dengan menanam tunas / anakan pisang .

3) Jeruk (Citrus spp)
Sebagai salah-satu tanaman paling penting di dunia, pasti jeruk akan senang. Di luar negeri, jeruk dikenal dengan nama "orange", karena saat buah matang, warna kulit buah biasanya berwarna oranye-kehijauan. Isinya juga berwarna oranye.

Jeruk biasanya akan mencapai tinggi 5-15 m dengan batang yang berduri dan daun berwarna hijau. Bunganya tersusun atas sebuah kelompok kecil, berwarna putih, berdiameter 2-4 cm, dan seringkali beraroma kuat. Buah jeruk merupakan sebuah hesperidium, semacam beri, dengan diameter 4-30 cm. Terkenal dengan rasa manis dan asam yang khas, serta baunya yang manis. 1 Buah jeruk mengandung kira-kira 64% ( 53,2 mg ) vitamin C.

4) Apel (Malus domesticus)
Buah apel sering digunakan untuk menyebut "buah" sebagaimana seringnya. Buah ini pun sering digambarkan untuk mendeskripsikan "buah." Bahasa inggris apel adalah apple.

Apel tumbuh kira-kira setinggi 3-12 m, dengan banyak percabangan dan daun oval hijau selebar 5-12 cm. Bunga akan muncul setelah tunas daun selesai berkembang. Bunga berwarna putih dengan semburat merah jambu, dengan diameter 2-4 cm. Buah apel biasanya berdiameter 5-9 cm, berwarna hijau atau merah, serta terbagi atas 5 karpel, masing-masing mempunyai satu buah biji (pip) .

5) Anggur (Vitis vinifera)
Buah anggur (grape) adalah sebuah liana yang merambat sampai seluas 35 yard. Daunnya lebar, dan kadang-kadang berbelah-belah dengan ukuran 5-20 cm. Bunganya hijau, kecil-kecil, tersusun dalam tandan.

Karena bunganya tandan, pastilah buahnya juga tandan. Buahnya berjumlah 15-300 buah, berwarna hijau, merah, merah marun atau ungu. Rasanya manis dan sepat, namun segar.

6) Semangka (Citrullus lanatus)
Buah semangka, atau lebih dikenal di luar negeri dengan watermelon, adalah sebuah tanaman rambat dengan batang yang semisukulen dan daun yang berbentuk mirip pepaya atu labu. Bunganya kecil, sekitar 2-3 cm dan berwarna kuning.

Buahnya berukuran sangaaaaaaat ( sangat ) besar dengan diameter 20-30 cm. Dilapisi dengan belang-belang gradasi hijau, dan dalamnya berwarna merah atau kuning. Rasanya segar, manis, dan basah. namun, hati-hati dengan kandungan airnya ( suka menetes di mana-mana -_- ) .

7) Melon (Cucumis melo)
Melon, cantaloupe, atau honeydew, itulah bahasa Inggris dari melon. Buah ini memang menarik dan sangat segar. mari kita bahas morfologinya.

Tanaman melon sama seperti semangka ( karena sama sama Cucurbitaceae, maka tanamanya sama-sama merambat ) dan sama-sama mempunyai bunga kuning, hanya saja lebih kecil. Buah melon lebih ke arah mentimun (biji di tengah) dan warna dagingnya hijau, kuning atau oranye. Namun, kulit dan biji melon tidak bisa dimakan. Rasa melon lebih seperti timun yang dimakan sekaligus dengan permen.

8) Stroberi (Fragaria xananassa)
Strawberry dikenal manis dan lucu, apalagi karena buahnya kecil dan merah.

Tanaman stroberi berbentuk seperti perdu kecil, dengan tulang daun panjang dan berdaun tiga-tiga. Bunganya berwarna putih, mahkotanya lima, dan buahnya berwarna hijau yang lama-kelamaan menjadi merah. rasanya manis asam.

buah stroberi sebenarnya bukanlah buah asli, melainkan buah aksesori ( perhiasan ) dan buah aslinya adalah biji-biji kecil di permukaan buah.

9) Nangka (Artocarpus heterophyllus)
Nangka merupakan anggota genus sukun-sukunan yang sangat terkenal di dunia dibandingkan spesies lainnya. Walaupun berasal dari "sukun", pasti ada yang bilang, "Kok bisa? 'Kan bentuknya beda, tuh ?!"

Pohon dari buah jackfruit ini tumbuh kira-kira setinggi 4-12 m, berdaun kecil-kecil mengilap warna hijau tua. Bunganya tersusun atas tandan dengan bunga super kecil, disebut babal. Buahnya merupakan buah majemuk, walaupun terlihat seperti buah tunggal. Lalu, tekstur daging buah ini mirip salak. jika dimakan akan terasa manis yang khas.

10) Sirsak (Annonna muricata)
Buah sirsak adalah semacam buah yang agak aneh dari penampilan. tetapi, di balik keanehaanya, ada sesuatu yang malahan sangat menarik.

"Soursop" tumbuh dengan luwesnya setinggi 4 m. daunya berukuran 8-16 cm dan mengilap. Bunganya kuning, bermahkota 3 dan berkelopak 3. Buahnya hijau saat masak, dalamnya putih dan sepat asam-asam.

Fakta menariknya, daun dari pohon graviola ini terbukti dapat mengobati dan mencegah kanker.Sedangkan daging buahhnya juga berefek sama jika dijadikan jus.

11) Pir (Pyrus)
Buah pear adalah kerabat jauh dari apel. Masih masuk dari famili yang sama, buah pir memiliki persamaan dengan buah apel.

Pir dapat tumbuh setinggi 7-17 m , daunya berukuran 2-12 m, bunganya sama seperti apel, namun bedanya, buahnya berwarna kuning atau hijau keabu-abuan dan berdiameter 4-8 cm. Bentuknya dapat berupa bulat ataupun lonceng seperti di atas.

Kadang-kadang apel dan pir kelihatan sama saja. Bedanya, daging pir terasa lebih renyah dan berpasir dibandingkan dengan apel.

12) Nenas (Ananas commosus)
Pineapple, jika tidak disadari, adalah sebuah bromelia (Bromeliaceae) yang biasa-biasa saja nampaknya.Mari kita lihat apa itu nenas sebenarnya.

Nenas adalah sebuah terna yang tumbuh 1-2 m, dengan batang yang tidak kelihatan dan daun yang keras serta berlilin. Bunganya berkumpul dalam satu bongkol, biasanya berjumlah 200 bunga, dan jika bunga-bunga itu layu dan siap untuk berbuah, maka bunga-bunga tersebut akan mencapai waktu masak yang sama, menghasilkan nenas yang sering kita makan ini.

Selain di Hawaii, ternyata nenas ada juga di Riau! Kualitas nasional, lagi. Nenas juga mengandung banyak Vitamin C.

13) Durian (Durio zibethinus)
Durian tumbuh setinggi 25-50 m dan bertajuk 20-30 m. daunnya hijau tua dan lonjng sepanjang 10-18 cm. Bunganya kecil-kecil, mempunyai 5 kelopak berwarna kuning.

Buah durian akan menjadi buah yang matang setelah 3 bulan. Panjangnya bisa sampai 30 cm, berdiameter 15 cm, dan beratnya kira-kira 1-3 kilogram! Berduri, warna kulitnya hijau keabu-abuan sampai kuning, dan warna dagingnya kuning pucat sampai kemerahan, tergantung spesies yang dijual zibethinus atau bukan.

Sayangnya, walaupun buah durian sangat enak, baunya yang menyengat membuatnya dilarang untuk dibawa di udara ataupun di hotel. Sangat sulit menghilangkan baunya.

14) Manggis (Garcinia mangostana)
Orang Indonesia pasti tidak asing lagi dengan yang satu ini, PASTINYA. Buah asli indonesia, woi! Asli! Kakek-nenek kita saja sering memakan ini!

Mangosteen, dalam bahasa Inggris,dapat tumbuh setinggi 6-25 m, dengan daun yang cukup besar, kira-kira 20 cm (tolong jika ada yg lebih benar) dan tebal. Bunganya berwarna krem sampai oranye pucat, berdiameter 4-5 cm. BUahnya sendiri, saat masih muda berwarna hijau muda sampai putih, dan tersembunyi di balik kelopaknya. Semakin masak, warnanya akan semakin hijau, kemudian merah, dan akhirnya ungu tua.

Buah manggis berwarna ungu pekat, dengan diameter 5-8 cm. Jika dibuka, bagian kulitnya akan berwarna ungu muda dan daging buahnya putih. Jika dimakan, rasanya agak manis asam sepat-sepat. Sayangnya lagi, buah manggis hanya mengandung sedikit sekali zat gizi.

15) Pepaya (Carica papaya) 
Papaya adalah buah asli Meksiko yang sebelum diklasifikasikan di Amerika sudah dikebunkan di Meksiko secara besar. Tumbuh dengan tinggi 5-10 m, daunnya tersusun secara spiral, dan seperti kubis kerabat jauhnya, batangnya akan berbekas jika daun atau buahnya lepas. Bunganya berwarna putih dan mirip kamboja, tetapi lebih kecil serta berlilin.

Bunga betina dapat menjadi buah sepanjang 15-45 cm dan berdiameter 10-30 cm. Warna kulitnya hijau dengan semburat oranye atau kuning, sedangkan dalamnya berwarna oranye. Rasanya manis, mirip gula jagung.



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More