Cursor of The Blog

Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com

Jumat, 31 Mei 2013

15 Faboideae paling cantik di Dunia

Faboideae merupakan subfamili kedua dari 3 subfamili kacang-kacangan yang saya akan bahas. Bagian ini merupakan kumpulan dari spesies-spesies yang sering kita sebut dengan "kacang". Bunganya khas, seperti kupu-kupu dan zigomorfik, serta ukurannya cenderung kecil.

1) Wisteria ( Wisteria sp. )
Wisteria adalah bunga yang tergolong merambat namun bisa menjadi sebuah pohon. Biasanya dapat tumbuh setinggi 20 m dan bertajuk 10 m. Daunnya mempunyai 9-19 anak daun dan bunganya tersusun atas tandan sepanjang 10-80 m dengan bunga berwarna ungu atau putih. Seluruh bagian tanaman ini beracun jika termakan, termasuk buahnya.

Wisteria tumbuh di Cina,Jepang dan Amerika dengan bunga yang cukup semarak menggerombol, seperti tampak pada gambar. Andai bisa ditanam di Indonesia, keren tuh! Nggak perlu ke Jepang lagi !
2) Rantai Emas ( Laburnum sp. )
Tak ada yang mengira bahwa kacang-kacangan pun pohon, kan? Tengok saja, 6 dari tanaman kacang pohon ada di dalam daftar ini.
Laburnum atau rantai emas adalah pohon yang menggugurkan daunnya yang berbentuk tiga jari berukuran 2-3 cm. Bunganya bergerombol dalam suatu tandan sepanjang 20-30 cm.
Seluruh bagian tanaman, juga buah, adalah beracun.
Tanaman ini belum diketahui keberadaannya di Indonesia, dikarenakan spesies seperti ini tumbuh di Eropa.

3) Angsana ( Pterocarpus indicus )
Pohon ini membesar sampai setinggi 15 m, berdaun hijau semi-majemuk dan ukuran bunganya cukup kecil, l1,5 cm, tetapi menggerombol. Buahnya lain daripada kacang-kacangan lain, yaitu seperti biji bersayap saja.

Pohon ini, anehnya, adalah pohon dengan populasi yang banyak, sedangkan menurut data IUCN, pahan ini tergolong rawan. Jangan main-main, deh! Mari ke sini!

4) Bunga Giok ( Strongylodon macrobotys )

Walaupun tanaman merambat, tanaman ini tergolong mudah dirawat. Daunnya terdiri atas 3 helai anak daun yang besar-besar, dan batangnya yang berkayu menyembulkan tandan bunga yang sangat menawan berwarna hijau giok dan berbentuk bak kupu-kupu yang menguncupkan sayapnya. BUnga ini sangat khas , sampai menjadi salah satu tanaman merambat terfavorit di jagat raya.
5) Kacang Bekicot atau Kacang Keong ( Vigna caracalla)

Dijuluki "kacang tercantik di dunia" oleh Thomas Jefferson, memang pantas sih! Tanamannya juga merambat dengan batang kecil ( hihihi! ) , daun gede, dan bunga yang cukup unik.
Kuncup bunganya betul-betul mirip cangkang siput! Nah, kalau sudah mekar, cantiknya minta ampun bak cerita peri. Bijinya, secara teknis, bisa dimakan juga.


6) Bunga astragalus ( Astragalus sp. )

Sebenarnya tidak juga bisa dibayangkan bagaimana bentuk bunga astragalus yang sesungguhnya, karena spesiesnya saja 3.000 ! Ada yang bentuknya seperti di atas ( satu bunga, daun kecil ) dan ada juga yang mirip semak dan berbunga dalam tandan. Silahkan lihat sendiri spesiesnya di sini .
7) Kembang Telang ( Clitoria ternatea )

Tanaman ini berukuran cukup kecil dengan daun yang lonjong-lonjong dan kecil, serta batangnya yang juga kecil. Bunganya berwarna biru dan berukuran 4x3 cm. Ada juga varietas berwarna putih. Buahnya seperti kacang biasa.

Kembang telang telah digunakan sebagai pewarna alami bagi makanan ataupun ditaruh di dalam air untuk dijadikan teh. Penggunaannya yang banyak menjadikan bunga ini sangat berguna untuk ditanam di mana saja dan sesuai genusnya, tanaman ini dapat menetralkan kandungan nitrogen dalam tanah.
8) Sweet pea ( Lathyrus odoratus )
Tanamannya tidak kecil, tingginya 1-2 m namun proprsi daunnya cukup kecil. Sementara itu, bunganya kecil dan warna-warni serta berbau semerbak ( odoratus ). Bunganya biasa digunakan sebagai bunga potong yang cantik atau sebagai tanaman hias biasa saja.
9) Bunga Koral ( Erythrina sp. )
Tanaman ini sangat unik, karena kacang-kacangan ini mirip sekali dengan terumbu karang. Pertama, batangnya tumbuh dengan bentuk tidak beraturan sehingga menimbukan kesan koral. Kedua, bunganya berwarna merah ( kecuali Erythrina sandwicensis ) sehingga mirip dengan koral merah.

Dijuluki dadap oleh orang kita, biji dari tanaman ini dapat mengapung di air dan terbawa arus sehingga tanaman baru dapat tumbuh dengan mudahnya.
10) Saga rambat ( Abrus precatorius )
Dengan melihat tanaman yang sama di Bogor, saya terkagum. Ternyata tanaman ini batangnya besar sekali walaupun .... tanaman yang tumbuh darinya kecil. Bunganya pun berwarna merah muda dan kecil-kecil ( 1 cm / bunga ! ). JANGAN LANGSUNG BOSAN!  Kalau bergerombol mah, Walahajakagauayahajkalana! Bijinya digunakan untuk hiasan gelang walaupun beracun. HArus bangga loh, tanaman ini asli Indonesia!
11) Lupin (Lupinus sp.)
ITU BUNGANYA! wahwahwah!
Lupin adlaha kacang-kacangan yang tumbuh pendek dengan bunga yang menarik dan banyak, namun sering disangka "SINGKONG!" sama orang kita karena daunnya itu. Sayangnya, lupin hanya tumbuh pada daerah subtropis, dan Afrika ( ???? artinya bisa ditanam di Indonesia tuh! )

12) Semanggi ( Trifolium repens )
Ini bukan bunga aster, kawan-kawan, ini semanggi yang katanya buat kita beruntung kalau memetik daunnya ( kalau ada yang empat helai ) . Daunnya memang kecil dan bercorak, namun, tengok sendiri bunganya yang mirip aster dan berwarna putih itu!

Semanggi seperti ini sering digunakan sebagai makanan sapi, namun bisa juga untuk tanaman hias.
13) Indigofera sp.
Bunga yang tidak terlalu menarik bagi saya ini, adalah sebuah semak kecil, yang daunnya cukup kecil dan bergerombol. Bunganya juga bergerombol, namun yang uniknya di setiap buku batang bisa berbunga!
14) Desmodium sp.
Tanaman ini sebenarnya tidak unik, karena lebih dianggap sebagai sebuah gulma. Bunganya pun kecil. Namun, tanaman ini sangat berguna dengan kegunaan keduanya, yaitu sebagai pengendali hama.
15) Broom ( Cytisus sp. )
Sebagai tanaman yang banyak diidamkan hobiis kacang, tanaman ini patut menjadi primadona kacang di Eropa karena proporsi daun dan bunganya betul-betul berbeda! jika daunnya 5-15 mm, maka bunganya 20-30 m!

Bunga : Daun
20/30   :   5/15
4/2   : 1/1
Jadi, bunganya yang warna kuning itu bisa 2-4 kali besar daunnya!

Nah, perjalanan kita masih berlanjut, para pemirsa! Dalam topik selanjutnya kita akan membahas soal Mimosoideae! apa tuh? Masih Fabaceae, namun tentang putri malu dan kerabat!

1 komentar:

If you're trying to lose kilograms then you absolutely have to start using this brand new personalized keto plan.

To create this keto diet service, certified nutritionists, personal trainers, and professional chefs joined together to provide keto meal plans that are powerful, suitable, cost-efficient, and delicious.

Since their grand opening in 2019, thousands of clients have already completely transformed their body and well-being with the benefits a proper keto plan can provide.

Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones provided by the keto plan.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More