Cursor of The Blog

Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com

Minggu, 17 Februari 2013

15 Tanaman keluarga Malvaceae yang paling dikenal .

 Keluarga Malvaceae atau kapas- kapasan mungkin nggak sering terdengar, ya? Tapi tanaman yang kita kenal di sini banyak, loh! Ada lebih dari 50 yang bisa disebutkan, dan mungkin 15 tanaman ini akan lebih familiar lagi. Silahkan baca!:

1) Bunga Kembang sepatu ( Hibiscus rosa-sinensis )

Bunga yang masuk dalam salah satu bunga tercantik ini adalah malvasea yang paling sering dijumpai di kota-kota sebagai penghias taman. Juga dikenal sebagai bunga nasional-nya Malaysia.

Tanamannya cukup pendek secara umum, hanya 1 m, tetapi dengan perawatan atau varietas khusus bisa seperti pohon setinggi 2,5 m. Daunnya sangat khas, bulat telur bergerigi dengan tulang daun melengkung-menyirip. Bunganya berkelopak timpa 2, bermahkota lebar serta mempunyai "sedotan" yang panjang dan pistil pecah dan menyebar. Buahnya sendiri berbentuk kapsul 3 cm, mempunyai susunan biji seperti rosela.

Aslinya, bunga ini berwarna merah sampai merah jambu , namun dengan kawin silang antavarietas, sekarang sudah tersedia berbagai jenis tanaman ini mulai dari warnanya sampai bentuknya. Yang harus diperhatikan, tanaman ini invasif ( mudah menyebar ) .

2) Durian ( Durio zibethinus )
Ada yang nggak kenal sama buah ini? Waduh! Buah ini kan udah manis, kenyal, enak lagi! Baunya menyengat, mudah busuk, dll. tapi tahu nggak? POHONNYA TINGGI SEKALI !!! Tingginya mencapai 15-30 m ! Bayangkan kalau ada durian "runtuh" dari atasnya.
Tapi, nggak ada yang menyangka bunga durian bisa jadi secantik ini! Mirip kembang sepatu, dan warnanya putih . Namun, kalau bunganya di tempat tinggi, biasanya yang menyerbuki kelelawar .

3) Cokelat ( Theobroma cacao )
Buah ini, pohonnya sering kita lihat sepanjang jalan Lintas Sumut-Riau. Warna daun mudanya merah jambu dan lama kelamaan menjadi hijau, sama seperti mangga. Pohonnya pendek, 1-3 m . Buahnya ini mempunyai biji yang aslinya pahit, namun setelah diolah di pabrik dan dicampur-campurin sama nenek lampir, rasanya manis maknyus bikin kesemsem cenat cenut .
Bunganya? (Sorry, i'm really into flowers) Kecil-kecil , putih kusam, berkelompok di batang . Bentuk bunganya pun unik loh, karenja kelopaknya yang bikin cantik. Sayang, baunya tengik.

4) Kapas ( Gossypium hirsutum )
Bahan untuk membuat baju sebagian besar berasal dari bola-bola putih yang menempel di batang tersebut. Itulah bagaimana sebuah ladang kapas terlihat saat panen. Pohonnya kecil, 1m lebih, dan semi-sukulen. Yang tak kalah penting .....
Bunganya menebarkan warna yang menarik dan unik, kira-kira mirip waru kuning, namun bagian nektarnya ( yang merah ) terpisah-pisah . Cukup besar . Bedanya dengan kembang sepatu? Bagianj putiknya jarang sekali terpisah dan warnanya putih.

5) Okra ( Abelmoschus esculentus )
Okra sekarang mulai terkenal karena bisa mengobati kanker ( bukan menyembuhkan ) . Tanamannya panjang , bisa sampai 2 m . Daunnya entah mirip pepaya > ubi kayu > ganja , namun yang membedakan dari ketiganya adalah tanaman ini daunnya bertumbuh dari kebalikan siklus di atas.

Bunganya miriiiiip sekali dengan kembang sepatu atau waru. Yang membedakan hanyalah bahwa pecahan putiknya berdekatan dan benang sarinya pendek serta menyebar di "sedotan" bunga.

Buahnya sendiri berbentuk kapsul nan panjang, sekitar 5-20 cm. Di dalamya tediri dari banyak sekali biji, mirip cabe. yang membedakan dari cabe, buahnya tegak ke atas. Yang biasanya dipanen adalah buah yang masih muda dan berwarna hijau.

6) Kapuk (Ceiba pentandra )
Pohon kapuk adalah pohon asli Amerika Selatan , yang biasanya tumbuh dekat rawa-rawa atau sungai-sungai . Pohonnya sangat tinggi, bisa mencapai 30 m dengan tajuk 15 m atau lebih. Pohonnya sangat rindang dan tajuknya rata, sehingga mengesankan tingkatan-tingkatan lantai pada sebuah rumah . Kayunya cukup ringan, kadang berduri, dan yang diambil dari pohon ini adalah buahnya sebagai pengganti busa bantal atau kapas.
Don wori , bunganya sama cantiknya dengan melati. Bak bunga simpel nan cantik, bunganya kecil-kecil ( 2-5 cm) , putih, dan benang sarinya menyembul keluar. Diserbuki oleh hewan malam sampai bentuknya seperti buah kapuk.

7) Baobab ( Adansonia digitata )
Merupakan pohon yang sangat besar, dan dapat hidup selama ribuan tahun. Biasanya ,tanaman ini hidup di daerah sabana, daerah bersemak, atau tempat yang sudah diolah. Daunnya selalu berjari lima, menandakan nama latinnya, yaitu digitata .
Bunganya SANGAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAT cantik . Posisinya menggantung, cukup besar, berwarna putih, dan mempunyai banyak sekali benang sari. Sayangnya, baunya seperti bangkai. Ini sendiri berguna memikat kelelawar raksasa (kelelawar buah) yang menjadi polinator alaminya baobab
Buahnya sendiri terdiri atas bentuk yang seperti tikus mati, serat buah berwarna merah muda, dan daging buah yang nampaknya seperti kue bangkit . Buahnya mempunyai panjang 15-20 cm , mempunyai 1 1/2 x lebih banyak kalsium dibanding bayam , tinggi antioksidan dan mengandung vitamin C 3x lebih banyak daripada jeruk . Buah ini sudah diresmikan sebagai bahan makanan.

8) Pachira ( Pachira aquatica )
Pachira, dikenal juga sebagai pohon uang, terkenal karena menghiasi bangunan-bangunan dengan keberuntungannya. Dalam bentuk aslinya, tanaman ini dapat tumbuh setinggi 5-10 m. Daunnya mirip sekali dengan ubi, kira-kira mempunyai 6-7 anak daun.
Bunganya mirip sekali dengan tanaman di subfamili Mimosoideae . Benang sarinya banyak seperti rambut jagung, mahkotanya seperti kulit pisang, dan warnanya beragam.

9) Tanaman marshmallow ( Althaea oficinalis )
Tanaman perdu ini banyak ditemukan di daerah Inggris, dan terkenal sekali dengan akarnya yang dari Mesir dulu bisa digunakan sebagai makanan yang sekarang kita kenal dengan nama marshmallow. Bunganya kecil, merah jambu muda, dan mempunyai benang sari dan putik yang sangat kecil dibandingkan mahkotanya.

10) Kola ( Cola sp. )
Biji yang sekarang ada di hadapan kita ini adalah rahasia mengapa rasa Coca-Cola itu sangat enak. Memang dari sononya, biji ini adalah penghasil asam kolat yang memikat para produsen minuman bersoda tersebut untuk menghasilkan rasa karamel yang segar.
Bunagnya sendiri tersusun berkelompok dan tergolong kecil sekali dibandingkan daunnya (bandingkan sama yang di kanan) . Warnanya putih dengan penunjuk nektar merah.

11) Waru ( Hibiscus tiliaceus )
Pohon waru terkenal sebagai peneduh andal yang kira-kira, sedikit menyerakkan. Dikenal juga sebagai pohon roda, karena daunnya, batangnya, bahkan bunganya pun berbentuk seperti RODA . Bunga waru sendiri berwarna kuning dan berpetunjuk nektar merah tua, dan semakin lama warnanya akan berubah menjadi oranye.

12) Mallow ( Malva sp. )
Tanaman ini digunakan sebagai tanaman hias, namun kadang diperlakukan seperti gulma. Bunganya sendiri kecil-kecil , 5 cm paling besar, warnanya beragam . Spesies yang sedang ditunjukkan (  M. sylvestris ) adalah spesies utama genus ini.

13) Pohon kapas ( Bombax ceiba )
Saat bunganya mekar, anda akan disuguhi dengan pemandangan bak melihat hamparan sakura merah ataupun bunga flamboyan. Bunganya mirip bunga kapuk, namun berwarna oranye kemerahan, dan buahnya juga mirip kapuk. Artinya, pohon ini kembaran kapuk.

14) Hollyhock ( Alcea rosea )
Tanaman ini merupakan perdu dua tahunan yang mempunyai bunga yang sangat showy dan berwarna showy pula. Tumbuhnya rapi ke atas.

15) Rosela ( Hibiscus sabdariffa )
Rosela mulai terkenal sejak terbuktinya analisis tentang bagaimana kulit buah rosela dapat mengobati penyakit parah. Rosela juga dikenal sebagai "kembang sepatu gurun" . Bunganya memang mirip sekali dengan kembang sepatu, hany saja ukurannya lebih kecil dan putih. Kulit buahnya merah, membungkus buah yang menyembunyikan biji berjumlah 5 buah .

Kira-kira, ada yang kurang?

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More