Cursor of The Blog

Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com

Sabtu, 25 Agustus 2012

Top 15 : 15 Plagiat -baik orang ataupun barang- Paling Terkenal Di Dunia dan Nasional

Plagiat dikenal sebagai pengkopian karya seseorang , baik itu adalah karya sastra ,  seni ataupun karya musik . Biasanya , plagiat tidak dikeani sanksi yang besar . Namun , bukannya lebih baik membuat karya asli daripada meniru karya orang lain ? Saya akan memberikan informasi tentang 15 plagiat terkenal di dunia maupun nasional .

( Ini adalah request dari Aura Reandra Paramitha )

1) Cherrybelle - Meniru SNSD

Cherrybelle adalah salah satu girlband indonesia paling tersohor dan mempunyai fans club yang memadai . Namun , dibalik kesuksesannya , girlband ini dikenal memplagiarisasi girlband asal Korea Selatan , SNSD . Inilah sebab-sebabnya:

1 . Jumlah personil Cherrybelle dan SNSD adalah sama ,yaitu 9 orang
2 . Tema dalam music video "Dilema" (Cherrybelle) sama dengan tema dalam  music video "Kissing You" (SNSD)
3 . Melodi pada lagu "BFF" (Cherrybelle) sama dengan lagu "Kissing You"
4 . Kostum pada lagu "Dilema" sama dengan lagu "Gee" (SNSD)
5 . Beberapa koreografi dalam music video "Dilema" sama dengan koreografi dalam music video "Gee"
6 . Kostum dalam music video "Love is You" (Cherrybelle) sama dengan kostum dalam music video "Echo" (SNSD)
7 . Sebutan fans untuk salah satu personil Cherrybelle sama dengan salah satu personil SNSD
8 . Anisa ( personil Cherrybelle ) mempunyai album The Boys milik SNSD ( dimungkinkan untuk dijiplak )
9 . Cover Album 3d Cherrybelle sama seperti album The Boys SNSD ( terbuat dari Aluminium )
10 . Foto-foto Cherrybelle banyak meniru SNSD


2) SM*SH - Meniru banyak boyband Korea
SM*SH adalah salah satu boyband paling digandrungi di Indonesia . Selain itu , kelompok penyanyi ini terkenal plagiat campur-campur .

1 .  Nama grup ini sebenarnya hanya diambil dari nama grup korea ( SMASH ) yang dimodifikasi
2 . Tata nada dalam lagu "I Heart You" ( SM*SH ) mirip dengan lagu "Without You" ( 1TYM )
3 . Gaya berpakaian dalam "I Heart You" sama dengan gaya berpakaian dalam video "No Other" ( Super Junior ) serta kalender 2007 Super Junior
4 . 1TYM dan Super Junior terbentuk pada tahun 2007 dan 2005 ,sedangkan SM*SH terbentuk tahun 2010

3) Marcel Duchamp - Readymades
Readymades , yang dikenal sebagai salah satu seni khas pelukis ini , adalah obyek-obyek yang dipilih oleh sang seniman , lalu direposisi dan digabungkan , dijudulkan dan ditandatangani , dan obyek tersebut menjadi sebuah karya seni . Tapi , itulah sebab ia terkesan melakukan plagiarisasi . Contohnya , karyanya yang berjudul L.H.O.O.Q . Ia menambahkan kumis dan jenggot pada karya besar Leonardo Da Vinci berjudul "Mona Lisa" dan mengganti latar belakangnya . Anehnya , ia membuat karya seni berdasarkan kutipan ini : "Seni adalah diantara plagiarisasi atau revolusi" . Ini seniman atau apa ya?

4) D'Masiv - Meniru kebanyakan band internasional
D'Masiv yang merupakan salah satu band paling terkenal di Indonesia pun juga plagiator . Conth lagu mereka yang plagiat:

1 . Cinta Ini Membunuhku = I Don't Love You - My Chemical Romance
2 . Diam tanpa Kata = Awakening - Switchfoot
3 . Dan Kamu - Head Over heels - switchfoot

5) Stephen Ambrosse
Stephen Ambrosse dikenal sebagai penulis biografi pemenang penghargaan seperti biografi Presiden Eisenhower . Namun ,pada 1995 seorang openulis tak dikenal mengeluarkan buku berjudul Wings Of Morning . Ambrosse adalah penggemar buku tersebut , dan karena Ambrosse menganut "imitasi adalah bentuk terbaik dari pikatan" , ia memplagiarisasi buku tersebut ke dalam novelnya , The Wild Blues , yang dirilis pada 2001 . Ia betul - betul memplagiarisasi seluruh isi buku tersebut . tapi ,akhirnyaAmbrosse tertangkap juga .

6) T.S Eliot
Beliau adalah seorang sastrawan yang menulis kumpulan puisi "The Waste Land" yang sangat terkenal dan menjadi salah satu batu lonjakan dalam dunia kesusastraan . Mengapa begitu? Ia tidak menulisnya . Puisi dalam buku tersebut diplagiarisasi dari seorang penulis bernama Madison Cawein . Ia juga menambahkan beberapa kata-kata dari pujangga ternama seperti Shakespeare .

7) Dr. Martin Luther King Junior
Walaupun dikenal sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia , ternyata thesis doktor yang ia punya adalah hasil plagiarisasi.
Ia juga memplagiarisasi pidatonya yang berjudul "I Have A Dream":

"This will be the day when all of God's children will be able to sing with a new meaning, 'My country, 'tis of thee, sweet land of liberty, of thee I sing. Land where my fathers died, land of the pilgrim's pride, from every mountainside, let freedom ring.' And if America is to be a great nation, this must become true. So let freedom ring from the prodigious hilltops of New Hampshire. Let freedom ring from the mighty mountains of New York. Let freedom ring from the heightening Alleghenies of Pennsylvania! Let freedom ring from the snowcapped Rockies of Colorado! Let freedom ring from the curvaceous peaks of California! But not only that; let freedom ring from Stone Mountain of Georgia! Let freedom ring from Lookout Mountain of Tennessee! Let freedom ring from every hill and every molehill of Mississippi. From every mountainside, let freedom ring."

Silahkan bandingkan dengan pidato Archibald Carey yang satu ini:
"We, Negro Americans, sing with all loyal Americans: My country 'tis of thee, Sweet land of liberty, Of thee I sing. Land where my fathers died, Land of the Pilgrims' pride From every mountainside Let freedom ring!
That's exactly what we mean--from every mountain side, let freedom ring. Not only from the Green Mountains and White Mountains of Vermont and New Hampshire; not only from the Catskills of New York; but from the Ozarks in Arkansas, from the Stone Mountain in Georgia, from the Blue Ridge Mountains of Virginia--let it ring not only for the minorities of the United States, but for the disinherited of all the earth--may the Republican Party, under God, from every mountainside, LET FREEDOM RING!"


8) Dr. Richard Owen
Ia adalah seorang paleontolog yang menemukan dinosaurus . Ia diduga menggunakan ketenarannya untuk menghancurkan nama Gideon Mantell . Ia mencuri hak kredit dalam penemuan Iguanodon dari Mantell . Ia menghilangkan semua research yang dilakukan oleh Mantell , yang menunjukkan bahwa Iguanodon adalah hewan bipedal .

9) H.G Wells
Ia adalah penulis karangan fiksi ternama yang terkenal melalui Outline , karangan yang berisi empat ratus ribu kata dan dibuta selama enam bulan . Namun , ia pernah melakukan sebuah kasus plagiarisasi.
Pada tahun 1918, seorang sarjana Kanada diketahui bernama Florence Deeks memberikan naskahnya cermat diteliti ke McMillan and Company ,sebuah kelompok penerbitan. Bukunya, The Web of the World's Romance, menghabiskan lebih dari satu tahun di tangan mereka. Itu tidak pernah dijemput.

Dengan sebuah kebetulan yang menarik, McMillan dan Company adalah penerbit yang sama yang menangani buku Wells. Saya hanya membawa hal ini karena, pada tahun 1920, mereka menerbitkan Garis Sejarah HG, sebuah karya dengan beberapa kemiripan yang mencolok dengan Web. Itu cara sopan untuk mengatakan HG Wells mencuri buku laris dari perawan tua miskin.

Wells telah mengikuti garis besar buku Deeks 'hampir persis, dan ia mencuri beberapa ungkapan dan pilihan gaya darinya juga. Paling memberatkan dari semua, beberapa kesalahan dari Deeks 'buku juga muncul di Wells' karya besar. Ini adalah keajaiban Wells ingat untuk menulis namanya sendiri pada buku.

10) George Harrison
George harrison adalah sang gitaris utama dalam band The Beatles.Ia pernah merilis lagu "My Sweet Lord" yang dirilis pada 1970.Tiba-tiba saja,lagu ini menimbulkan kontroversi karena lagu ini mirip dengan "He's So Fine" oleh Ronnie Mack .

11) BIJONZEH
Dikenal sebagai diva dengan fans paling banyak , Beyonce ternyata plagiat . Dalam music video untuk single "Countdown" , ia diduga memakai koreografi dari sebuah rancangan koreo berjudul "Rosas dants Rosas" oleh Anna Teresa de Keersmaeker , dan sang koreografer Belgia tersebut tidak menerima penggunaan tersebut .Namun,sesuai peraturan pemerintah,koreografi boleh saja dikopi.Namun akhirnya Beyonce melakukan pembelaan juga :) .

12) Led Zeppelin
Led Zeppelin adalah salah satu band legenda yang berasal dari Inggris ,yang bisa-bisanya meplagiarisasi lagu-lagu . Ini adalah sekian contoh dari itu :
1 . Lagu "Bring it on Home" (LZ) = "Bring it on Home" (Sonny Boy Williamson)
2 . Lagu "The Lemon Song" (LZ) = "Killing Floor" (Howlin' Wolf)
3 . 'Whole Lotta Love" (LZ) = "You Need Love" (Willie Dixon)

13) Barack obama memplagiarisasi sebuah pidato
Presiden Amerika Serikat juga pernah plagiat ternyata . Pada kampanye presidensial Februari 2008 , Barack Obama dituduh memplagiarisasi sebuah pidato dari Deval Patrick , gubernur Massachusets . Obama juga memasukkan beberapa pidato lain di dalamnya , seperti pidato Martin Luther King Jr .

14) Michael Bolton memplagiarisasi sebuah lagu
Michael Bolton pernah dilanda kasus plagiarisasi yang serius karena lagu "Love is a Wonderful Thing" (tahun 1991) "dicuri" dari lagu  Isley Brother tahun 1966. Akhirnya pada tahun 2000 , U.S Ninth Circuit of Appeals mendenda Bolton 5,4 juta dolar.

15) Melissa Elias memplagiarisasi sebuah pidato
Mantan presiden dewan sekolah New Jersey Melissa Elias dituduh menjiplak pidato permulaan diberikan oleh Anna Quindlen, wartawan pemenang Pulitzer Prize, sebagai bagian dari pidato dimulainya Elias ke Sekolah Tinggi Madison pada tahun 2005.
  

1 komentar:

hahaha indonesia kirim 3 artisnya :D
kapan ya bubar yg no.1 itu ?
wkwkwk

visit back sob :)
http://bagasi-nemo.blogspot.com

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More