Cursor of The Blog

Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com

Jumat, 09 Maret 2012

15 Tanaman-Tanaman Paling Aneh di Dunia Versiku




Disini saya akan menerangkan tanaman-tanaman ini sesuai gelarnya.....Ayuk! Dilihat!

1) Welwitschia mirabilis - Paling tangguh di dunia
Tanaman asli Namibia ini adalah tanaman yang paling tangguh di dunia.Tanaman ini hanya menumbuhkan 2 daun,karena jaringan tunas daun tanaman mati saat daun sudah 2 helai.Walau begitu,daunnya akan memanjang,membelah dan merobek sampai menjadi puluhan benang-benang.Walaupun berbentuk seperti monokotil,jangan heran bahwa tanaman ini adalah Gymnospermae,karena memiliki runjung sebagai alat reproduksi.Umbinya,bernama Onyanga,bisa dimakan mentah atau dibakar dengan bara.Onyanga,dalam namib,berarti Bawang.

2) Dionaea muscipula atau Flytrap - Karnivora yg memakan seperti hewan
Tanaman karnivora pemakan hewan seperti hewan...Maksudnya,memang ini tanaman karnivora,namun inilah satu-satunya yg memiliki kesamaan morfologi,bukan anatomi,dengan hewan karnivora.Coba lihat,gigi-nya itu.Tanaman ini mempunyai bulu atau trigger dalam daun gigi ini.Jika serangga atau apapun menyentuh trigger ini,daun akan menutup.Jika sudah tiga kali,daun akan layu dan membusuk.Ehm..bunganya juga cantik,loh.

3) Rafflesia arnoldii - Bunga terbesar di dunia
Merupakan bunga terbesar dan terlebar,serta terberat di dunia.Merupakan endemik Sumatera.Bunga ini bermorfologi sangat cantik,seperti bintang merah dengan bintik-bintik merah,putih atau kuning.Diameternya kira-kira 1 meter atau lebih,dengan berat 2 sampai 12 kg.Namun,masalah terletak pada baunya yang seperti daging babi hutan yang sudah membusuk.Selalu sedia parfum jika menemukan bunga ini.

4) Desmodium gyrans - Rumput menari
Darwin menggolongkan sebagai Hedysarum,namun ilmuwan lainnya menggolongkannya sebagai Codiarocalyx motorius.Yang satu ini,daun muda atau tunasnya bergerak seperti menari ketika dialiri sinyal suara.Nggak rumit,kok,menanamnya.Yang penting air sama cahaya yang cukup.

5) Erythrina coralloides - Berbentuk seperti terumbu karang
Disebut juga sebagai Bunga Karang Api.Tumbuh di sekitar Arizona,US sampai Oaxaca,Meksiko.Tanaman ini hampir sama dengan pohon kacang yang lain,namun habitatnya berada di gurun pasir dan bunganya berwarna merah atau putih (varian bicolor) dengan mahkota yang keras terlihat seperti terumbu karang.

6) Hydnora africana - Paling bau
Parasit yang hampir setara dengan Rafflesia,namun lebih jauh lagi BAAAAAAAAAAUUUUUUUU-nya dibanding si bintang merah.Bunga ini bermahkota 2-5 buah dengan bau yang sangat menyengat seolah bangkai super bau.Bunga ini emiliki bulu-bulu di pinngir mahkotanya.Walaupun se-parasit dengan bintang merah namun jauh lebih kecil,sekitar 15-30 cm tingginya.

7) Amorphopallus titanum - Bunga tertinggi di dunia
(Fish-Eye...)Merupakan bunga tertinggi di dunia.Walaupun yang fenomenal adalah bunganya,namun tanaman ini juga berdaun.Tanaman ini berbunga setelah 7 tahun menjadi daun.Bunganya juga berbau bangkai,untuk menarik serangga 'biasa' yang ada di lingkungan.Mumpung karena populasinya sedikit.OIYA,Flora [bauuk!!!!] ini berdaun mirip pohon dikotil.

8) Nepenthes aristolochiodes - Kantung semar paling aneh
Dibanding dengan spesies lainnya,yang ini lebih mirip bunga aristolochia yang digabung dengan kacang ketimbang dengan yang sering dilihat.Kadang juga terlihat seperti cobra lily yang tidak menpunyai batang bergelung.AAH,bingung ni tanaman apa.Yang penting jangan pernah diambil dari alam.The end.
 
9) Hura brasiliensis - Pohon dinamit
Tanaman ini tumbuh di Brazil,endemik.Pohon yang juga dijuluki dengan sandbox tree ini mempunyai batang super berduri plus getah beracun.Bahkan,buahnya jika sudah matang akan meledak dengan kekuatan setara bom,sampai bisa melukai organisme disekitarnya.
10) Drosera - Karnivora yang menangkap menggunakan tentakel
Tanaman ini karnivora yang memakai tentakel berlendir seperti getah madu di sekujur daunnya.Jika ada serangga yang menempel pada daunnya,daun langsung melipat,atau langsung mengambil unsur hara dari si serangga.

11) Aristolochia elegans - Tanaman rambat paling bau
Merupakan tanaman yang mirip dengan paruh pelikan pada bagian bunga.Bunga ini merupakan tanaman merambat yang sangat cantik dikawatkan,dan merupakan salah satu tanaman terbau di dunia.Baunya hampir mirip dengan tanaman lainnya.

12) Anggrek Ophrys - Mirip lebah betina
Anggrek.Lebah.Unik.Anggrek ini adalah salah satu yang terunik,diketahui  berdasarkan simbiosis mutualismenya dengan lebah.Jadi gini,nih,kan ada lebah jantan,melihat bunga tersebut.Dikiranya lebah betina.Langsung,deh,lebah jantannya hinggap di bunga tadi.Lalu lebah melakukan 'percintaan' dengan bunga tersebut.Dengan itu,bunga dapat terserbuki,dan si lebah yang di sono,tuh,puas sudah begono-begini-begitu(wah kepanjangan).

13) Myrmecodia sp. - Rumah bagi semut
Sarang semoet!Toemboehan ienie mengoendang semoet oentoek datang ke batangnja.Die batanja itoe,semoet dapat meneriema makanan darie 'hotel' terseboet.Laloe,sie sarang semoet dapat oensoer hara darie kotorannja semoet tadie.Akhirnja,doea-doeanja dapat oentoeng.

14) Bowiea volubilis - Bonggol terunik
Bonggol tanaman ini mirip.....bawang versi jumbo.Sehabis itu,bawangnya ini memang mirip bawang,kecuali apa yang tumbuh dari bonggolnya.Bonggol,mah,sama-sama berlapis.Tapi yang ini daunnya menyebar di batang,dan bunganya hijau.Jangan heran jika beberapa bulan kemudian tanaman ini ga' ada daunnya,karena lagi dorman.

15) Dracaena cinnabari - Berdarah naga,bukan biru
Tanaman asli Pulau Socotra yang dikenal sebagai Pohon darah naga,merupakan salah satu kerabat jauh dari pandan hijau yang sering kita lihat.Bentuknya unik seperti payung.Mengapa disebut darah naga? Karena tanaman unik ini mempunyai getah berwarna merah,digunakan untuk pewarna alami dan pengobatan,persis yang kayak di 'Harry Potter'.
 Tes kata jadul:

Riau=RIEAOE!!!!!!! (Habis deh tinta gue)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More